Pendakian Gunung Argopuro (3.088) mdpl (Jalur Pendakian Terpanjang di Jawa)

IMG_0626.JPGGunung Argopuro merupakan salah satu gunung yang terdapat di jawa timur. Gunung ini berada di kompleks Dataran Tinggi Yang (Yang Plateau), dimana Dataran Tinggi Yang merupakan kawasan suaka margasatwa yaitu Suaka Margasatwa (SM) Dataran Tinggi Yang. Suaka Margasatwa merupakan kawasan konservasi yang berada di bawah pengelolaan Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan. SM Dataran Tinggi Yang (Argopuro) berada di Resort Konsevasi Wilayah (RKW) 23 Argopuro, Seksi Konservasi Wilayah (SKW) VI Probolinggo, Bidang Wilayah III Jember, Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Jawa Timur. Secara administratif kawasan ini bearada di empat kabupaten, yaitu kabupaten Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, dan Jember. Pegunungan ini memiliki bebrapa gunung, Seperti Gunung Jambangan, Gunung Pandu, Gunung Gilap, Gunung Krincing, Puncak Arca, Puncak Rengganis, dan Argopuro (3.088) Mdpl.

1.Aksesibilitas

           Rute yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dari ibu kota Propinsi di Surabaya menuju ke Probolinggo atau Situbondo. Berikut ini adalah rute perjalanan yang bisa ditempuh menuju G. Argopuro

Alternatif Dari – Ke Kota Jenis angkutan Rute keterangan
Surabaya – Probolinggo Bis T. Bungurasih –T. Banyuangga Setiap Waktu
Kereta Api S. Gubeng-S. Probolinggo Waktu terjadwal
Via Bermi Probolinggo-Bermi Bis T. Banyuangga –T. Lama Probolinggo (Pull Akas) – Bermi T. Lama-Bermi Pagi 04.30 dan Sore 16.30

Bermi-T. Lama Pagi 06.00 dan Sore 15.20

Bis T. Banyuangga –Pajarakan Bis Setiap waktu
Pajarakan – Bermi Angkutan desa/Ojek
Via Baderan Probolinggo – Besuki Bis T. Banyuangga – T. Besuki Setiap Waktu
Besuki – Baderan Angutan desa T. Besuki – Baderan Hanya ada 1 angdes
Ojek T. Besuki – Baderan Hampir Setiap Waktu

2. Jalur Pendakian

      Pintu masuk untuk pendakian gunung argopuro ada 2 , yaitu dari desa Bermi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo dan desa Baderan Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo. Adapun rute pendakian masing-masing pintu masuk adalah sebagai berikut:

  1. Bermi-Taman Hidup-Sabana Lonceng-Sikasur-Mata Air 1-Baderan (Via Bermi)
  2. Baderan-Mata Air 1-Sikasur-Rawa Embik-Taman Hidup Bermi (Via Baderan)
jalur-ago
Peta Jalur Pendakian

DSCN3432.JPG

IMG_0638.JPG

3. Administrasi dan Perijinan

Gunung Argopuro adalah gunung yang masuk dalam kawasan konservasi, yaitu Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2014 Tentang JENIS DAN TARIF ATAS JENIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK YANG BERLAKU PADA KEMENTERIAN KEHUTANAN, pengunjung yang akan melakukan kegiatan pendakian ke Gunung Argopuro dikenakan karcis masuk dengan besaran tarif sebesar:

Warga Negara Indonesia (WNI)

  1. Senin-Jum’at (Hari Kerja)                                       : Rp. 20.000/Hari/Orang
  2. Sabtu-Mingu dan Libur Nasional (Hari Libur)  : Rp. 30.000/Hari/Orang

Warga Negara Asing (WNA)

  1. Senin-Jum’at (Hari Kerja)                                       : Rp. 250.000/Hari/Orang
  2. Sabtu-Mingu dan Libur Nasional (Hari Libur)  : Rp. 375.000/Hari/Orang

Adapun persyaratan yang lainya yaitu dengan membuat surat pernyataan kegiatan pendaian/kunjungan dengan melampiran:

  1. Foto Copy Identitas (KTP/SIM/KTM/Kartu Pelajar) masing-masing 2 Lembar
  2. Surat Keterangan Sehat (Opsional)

4. Lokasi Pos Perizinan

a. Pintu Baderan

Lokasi Perizinan terletak di desa Baderan, tepatnya di atas SD Baderan III, Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo POS PERIZINAN BADERAN.

IMG_1086

b. Pintu Bermi

Lokasi Perizinan terletak di desa Krucil, tepatnya kearah timur Kantor Kecamatan Krucil, Dusun timur Desa Krucil, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo ( Jaga Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang) POS PERIZINAN KRUCIL (G. ARGOPURO VIA BERMI)

IMG_0733.JPG

Info pendakian dan SM Dataran Tinggi Yang bisa E-mail  ke: samsul.maarif1945@gmail.com atau kunjungi Instagram Pendakian @gunung_argopuro

Published by hyangplateau

Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Tambora (Sekarang) Tenaga Kerja Bakti Rimbawan KPHK Dataran Tinggi Yang, BBKSDA Jawa Timur ( Dulu dan nanti balik lagi hahahaha)

3 thoughts on “Pendakian Gunung Argopuro (3.088) mdpl (Jalur Pendakian Terpanjang di Jawa)

Leave a comment