Kecil dan Terlewatkan, Myrmechis gracilis (Blume) Blume

DSCN7543Mynnechis gracilis (Bl) Bl., merupakan salah satu jenis anggrek yang ditemukan di Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang. Anggrek ini merupakan anggrek terestrial atau anggrek yang tumbuh diatas permukaan tanah atau pangkal pohon yang berlumut. batang anggrek ini menanjak dan memiliki perakaran dengan panjang 10-20 cm dengan daun berada tepat di bawah peduncle. Panjang daun 0,75-3 cm dengan lebar 0,75-1,75 cm berbentuk hati berwarna hijau tua dengan tepian bergelombang halus.

myrmechis gracilis daun

Perbungaan kebanyakan berbunga 2 atau 3 dan peducles berbulu dengan panjang 3 cm. Bunga putih dengan semburat kecoklatan, sepal membentuk tabung di sebagian besar bagian tubuh mereka, apeksnya sedikit menyebar, bibir dengan dasar saccate, cakar yang agak panjang menyempit karena tepiannya rendah ke dalam, bagian apikal dangkal 2 helai, lobus Menyebar sedikit di luar sepal

myrmechis gracilis kelopak

Anggrek ini dijumpai di SM DT yang di hutan hujan dataran tinggi pada ketingian diatas 2000 mdpl. Tumbuhan ini berukuran kecil sehingga sering terlewatkan begitu saja ketika berada di hutan.  Tumbuhan ini banyak dijumpai di Jawa Barat, jarang di Jawa bagian rengah dan bagian timur, dalam hutan terutama hutan berlumut di puncak dan punggung gunung pada ketinggian 1600-3000 mdpl. Selain di jawa tumbuhan ini dapat dijumpai di Bali Sumatera, Filipina dan Jepang.

Referensi :

Steenis, C.G.G.J Van. 2006.  Pegun Floranunga Jawa. LIPI Press. Bogor.

Comber, J.B. 1990. Orchids of Java. Bentham-Moxon Trust. The Royal
Botanic Gardens, England

Published by hyangplateau

Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Tambora (Sekarang) Tenaga Kerja Bakti Rimbawan KPHK Dataran Tinggi Yang, BBKSDA Jawa Timur ( Dulu dan nanti balik lagi hahahaha)

Leave a comment