Burung Gosong Kaki Merah (Megapodius reinwardt reinwardt) di Taman Nasional Tambora

Mégapode de Reinwardt Megapodius reinwardt Orange-footed Scrubfowl

Burung Gosong Kaki Merah (Megapodius reinwardt reinwardt) merupakan salah satu jenis burung teresterial yang dapat dijumpai di Taman Nasional Tambora (TNT). Burung ini merupakan burung yang yang tidak mengerami telurnya, tapi memanfaatkan panas dari tanah yang ada di lingkungannya sebagai inkubator. Burung Gosong (Megapodiidae) adalah satu-satunya suku burung yang menggunakan panas dari lingkungan untuk mengerami telur-telurnya dengan cara menguburnya dalam substrat yang dipanaskan oleh bantuan radiasi sinar matahari, aktivitas panas bumi (geothermal) atau dekomposisi mikroorganisme (Frith 1956; Jones & Birks 1992).

TN Tambora merupakan salah satu daerah persebaran burung gosong kaki merah di Pulau Sumbawa. Dengan lingkungan yang mendukung untuk perkembangbiakan burung gosong, TN Tambora dapat menjadi habitat yang ideal untuk pelestarian jenis ini. Kawasan yang cenderung kering dan daya dukung berupa tanah dan lingkungan yang ideal menjadikan kawasan ini menjadi habitat ideal jenis ini. Burung Gosong Kaki Merah dapat dijumpai di beberapa titik di TN Tambora. Diantaranya adalah di Resort Dorocanga, SPTN 1 Pekat/Kempo dan Resort Kawinda Toi, SPTN 1 Kore. Keberadaan jenis ini ditemukan dengan perjumpaan langsung dan keberadaan sarangnya.

Keberadaan jenis ini dapat menjadi indikator bahwa kawasan hutan di lokasi tersebut masih baik, terbukti dengan dapat mendukung kehidupan jenis tersebut. selain itu, keberadaan jenis ini dapat menjadi daya tarik khusus sebagai spot penelitian tentang burung gosong kaki merah, karena selama ini masih sedikit literatur tentang jenis ini. terutama perilaku, dan karakter habitat jenis burung ini.

Salam dari Caldera

Published by hyangplateau

Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Tambora (Sekarang) Tenaga Kerja Bakti Rimbawan KPHK Dataran Tinggi Yang, BBKSDA Jawa Timur ( Dulu dan nanti balik lagi hahahaha)

2 thoughts on “Burung Gosong Kaki Merah (Megapodius reinwardt reinwardt) di Taman Nasional Tambora

Leave a comment