Motoran ke Gunung, Bisa kah? di Gunung Tambora Bisa (Jalur Dorocanga)

Beberapa orang mungkin heran dengan judul artikel tersebut. mungkin beberapa ada yang berpikir, apa iya bisa naik motor saat mendaki gunung. Jawabannya, bisa, di Gunung Tambora, ada jalur pendakian yang bisa di tempuh menggunakan kendaraan bermotor. Gunung Tambora yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Tambora menawarkan cara yang berbeda untuk mencapai puncak gunung. Beberapa jalurContinue reading “Motoran ke Gunung, Bisa kah? di Gunung Tambora Bisa (Jalur Dorocanga)”

Zebra finch (Taenopygia guttata), Sering Terlewatkan di Tambora

Zebra finch atau pipit zebra merupakan burung yang umum di jumpai di Taman Nasional Tambora, terutama di daerah savanna atau hutan musim. burung dengan nama ilmiah Taenopygia guttata ini hidup bergerombol dalam jumlah yang cukup banyak. Sering terlihat terbang dan bertengger bersama di ranting kering dan memakan biji-bijian di savanna. Burung kecil ini mungkin seringContinue reading “Zebra finch (Taenopygia guttata), Sering Terlewatkan di Tambora”

Gunung Tambora, dengan Letusan Hebatnya

Gunung Tambora merupakan gunung tertinggi kedua di Nusa Tenggara Barat. Gunung ini mungkin tidak setenar gunung Rinjani di Lombok, yang sudah menjadi ikon pariwisata NTB. Namun, Gunung yang terletak di semenanjung Sanggar pulau Sumbawa ini pernah menghebohkan dunia, bahkan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat dunia. Letusan maha dahsyat itu mengagetkan seantero dunia pada tahun-tahun berikutnya. TamboraContinue reading “Gunung Tambora, dengan Letusan Hebatnya”