Motoran ke Gunung, Bisa kah? di Gunung Tambora Bisa (Jalur Dorocanga)

IMG_6223
Gerbang Masuk Dorocangan

Beberapa orang mungkin heran dengan judul artikel tersebut. mungkin beberapa ada yang berpikir, apa iya bisa naik motor saat mendaki gunung. Jawabannya, bisa, di Gunung Tambora, ada jalur pendakian yang bisa di tempuh menggunakan kendaraan bermotor.

Gunung Tambora yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Tambora menawarkan cara yang berbeda untuk mencapai puncak gunung. Beberapa jalur pendakian di gunung Tambora dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan bermotor, salah satunya adalah jalur Dorocanga. Jalur ini mungkin tidak setenar jalur Pancasila, jalur umum yang biasa digunakan pendaki untuk mendaki Tambora, namun jalur ini menawarkan hal baru dalam pendakian gunung.

Jika di Jawa atau daerah lain tidak umum dengan kendaraan bermotor, atau bukan hal yang lumrah, tidak dengan jalur pendakian ini. Pendaki menggunakan motor bukan merupakan hal yang aneh, bahkan menjadi keharusan. jalur ini memang seakan di desain menjadi jalur motor, dengan karakter jalur yang bisa dilewati kendaraan bermotor dan ketiadaan sumber air sehingga menggunakan merupakan pilihan bijak dan efisien untuk mencapai puncak Dorocanga.

IMG_5901.JPG
Savana dan Gembala di Sekitar Pos 1 Jalur Dorocanga

Dari Pos 1 ke Pos 3 jalur  Dorocanga dapat ditempuh selama  kurang lebih 5-6 jam. Sepanjang Jalur Pendakian pendaki dapat menikmati keindahan savanna dan beberpa gembala ternak warga. Selain itu pendaki juga disajikan keindahan Cinder cone atau Kerucut Scoria. Cinder cone merupakan bukit berbentuk kerucut yang curam terbentuk di atas ventilasi magma. Cinder cone biasanya terbentuk oleh letusan sejenis Strombolian. Selain itu juga terlihat batu vulkanis yang berserakan sisa erupsi Tambora. Pos 3 merupakan pos terakhir sebelum menuju puncak. Selain itu, pos ini merupakan titik terakhir kendaraan bermotor, jadi saat ke puncak harus tracking selama kurang lebih 2-3 jam, tidak ada bonus dalam hal ini, jadi siapkan tenaga anda. Jalur ini cocok bagi teman-teman pendaki dengan waktu yang terbatas tapi ingin menikmati keindahan Tambora dengan kaldera raksasanya..

Sebelum melakukan pendakian jalur dorocangan semua pendaki harus melakukan registrasi dan membayar PNBP (Karcis) di Kantor Resort Dorocangan, Balai Taman Nasional Tambora. Kantornya berada di sisi kiri jalan jalur selatan lingkar tambora atau jalan raya Dompu-Calabai. Kantor Resort bersebelahan langsung dengan Gerbang pendakian Gunung Tambora.

Samsul Maarif

Catatan: Tidak rekomendasi motor bebek, apalagi Vespa ∧∨∧

 

 

Published by hyangplateau

Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Tambora (Sekarang) Tenaga Kerja Bakti Rimbawan KPHK Dataran Tinggi Yang, BBKSDA Jawa Timur ( Dulu dan nanti balik lagi hahahaha)

Leave a comment