Argopuro, Pernah Sampai Puncak Tertinggi Dataran Tinggi Yang (Part 2): Puncak Argopuro

Argopuro sebagai puncak tertinggi dataran tinggi para dewa (Hyang Plateau), mungkin dia tidak seterkenal semeru, atau se ekstrim Raung, tapi bagi pendaki yang pernah ke sana pasti kesannya berbeda. Dengan panjang jalur terpanjang di Jawa , lama perjalanan, dan harga tiket masuk, ia memiliki cerita tersendiri. Setelah sejenak beristirahat di puncak rengganis, sembari mengisi tenaga,Continue reading “Argopuro, Pernah Sampai Puncak Tertinggi Dataran Tinggi Yang (Part 2): Puncak Argopuro”

Argopuro, Pernah Sampai Puncak Tertinggi Dataran Tinggi Yang (Part 1) : Puncak Rengganis

Mulai bosan di dengan aktifitas di bawah, lebih tepatnya nungguin Pos Jaga Pendakian. Menunggu pendaki datang, melayani mereka untuk mencapai puncak tertinggi Argopuro, atau sekedar ingin menikmati kemisteriusan Taman Hidup. Terkadang masih harus berdebat tentang tarif yang mahal, apalagi dengan WNA, padahal kami hanya menjalankan peraturan yang ada, bukan pembuat kebijakan. Terkadang harus kejar-kejaran atauContinue reading “Argopuro, Pernah Sampai Puncak Tertinggi Dataran Tinggi Yang (Part 1) : Puncak Rengganis”

Jalur Pendakian Paling Umum Menuju Gunung Tambora, Pancasila

Gunung ini mungkin tak seterkenal Rinjani di Lombok. tapi ia adalah gunung cantik yang pernah mengguncang dunia beberapa abad silam. Benar, ia Tambora, gunung yang meletus dan menggembaparkan dunia dengan letusannya, bahkan menelan ribuan jiwa akibat letusannya secara langsung serta bencana ikutan setelah letusannya. Setelah beberapa dekade pasca letusan dahsyat tersebut, kini tambora menyajikan kecantikanContinue reading “Jalur Pendakian Paling Umum Menuju Gunung Tambora, Pancasila”