Nuri Pipi Merah (Geoffroyus geoffroyi), Cantik tapi Cerewet

Nuri Pipi Merah/ Red-Checked Parrot/ Geoffroyus geoffroyi

Nuri Pipi Merah (Geffroyus geoffroyi) merupakan burung berukuran kecil yang umum dijumpai di Taman Nasional Tambora. Burung ini biasanya terlihat terbang berkelompok, tetapi terkadang berpasangan. Terbang rendah di atas tajuk dengan suara berisik dan melengking. Dengan suara yang berisik tersebut (klee…kleeklee), burung ini dapat dikenali. Burung dengan warna dominan hijau terkadang tidak terlihat saat berada di tajuk pohon. Pergerakan yang lambat dan senyap saat mencari makan menyulitkan pengamat untuk mendeteksi burung tersebut. Jika bersuara saja ia terdeteksi

Burung jantan tubuh berwarna hijau dengan ciri khas bagian kepala berwarna merah mawar. Sedangkan burung betina pada bagian kepala berwarna coklat muda.

Beberapa individu sangat gesit dan sensitif. Saat melihat pergerakan manusia mereka biasanya langsung terbang. Namun, beberapa individu ada yang tidak terlalu sensitif, terutama ketika mereka sedang mencari makan. Saat mencari makan burung ini mudah diamati dan dapat didokumentasikan dengan baik.

Nuri pipi merah dapat dijumpai di jalur pendakian Doro Ncanga dan sekitarnya. Saat pagi atau sore biasnya terbang bersamaan di kanan dan kiri jalur pendakian. Terkadang bertengger di ranting atau batang pohon yang di ujung tajuk. Burung ini termasuk dalam jenis burung dilindungi berdasarkan PP No. 7 Tahun 1999. Sedangkan berdasarkan International Union for Conservation of Nature (IUCN) jenis ini masuk dalam Last Consern (LC) dimana kategori ini diberikan untuk jenis yang telah dievaluasi namun tidak masuk ke dalam kategori mana pun, baik itu terancam punah atau mendekati terancam punah

Published by hyangplateau

Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Tambora (Sekarang) Tenaga Kerja Bakti Rimbawan KPHK Dataran Tinggi Yang, BBKSDA Jawa Timur ( Dulu dan nanti balik lagi hahahaha)

Leave a comment