“Uluru” dari Tanah Sumbawa Bernama Doro Ncanga

Uluru, sudah banyak orang yang sudah mengenalnya. Siapa yang tidak mengenal salah satu ikon benua kangguru tersebut. Gunung batu yang sudah diakui keindahannya di seluruh dunia. Ternyata indonesia juga punya tempat yang seakan mirip dengan dia, namun versi mini dan bukan batu, tapi cinder cone sisa letusan gunung Tambora.

Doro Ncanga memang sudah tidak asing bagi masyarakat dompu. Sebagai salah satu titik jalur pendakian menuju Tambora, memang sudah dikenal khalayak. Namun, ada spot di sekitar Gunung Doro Ncanga yang memiliki daya tarik untuk spot wisata. Spot ini terletak di sisi selatan Doro Ncanga. Tersembunyi dari jalan utama, dan belum ada petunjuk arah untuk menuju ke spot tersebut.

Di titik ini “Uluru Doro Ncanga” terdapat kubangan air, biasanya digunakan oleh kerbau untuk berendam. Kubangan ini terlihat seperti oasis diantara gersangnya Doro Ncanga saat musim kemarau. Kubangan ini juga berbatasan dengan laut di sisi selatan, terdapat mangrove yang membatasi kubangan ini dengan laut Teluk Salah.

Kerbau berendam dari teriknya matahari, terkadang terlihat kuda yang merumput di sekitar kubangan yang masih menyisakan rumput hijau. Beberapa burung air juga teramati di kubangan ini, seperti Raja Udang Biru dan Cekakak Sungai, jika beruntung bisa teramati Belibis Batu. Satwa lain yang sering teramati adalah Biawak (Varanus varius). Kadal raksasa yang sangat mirip dengan Komodo, tapi versi lebih kecil. Terkadang kadal ini teramati sedang memakan bangkai kerbau yang tergeletak di kubangan tersebut.

Hal lain yang menjadi daya tarik di titik ini adalah, rerumputan di antara bukit-bukit yang bersebelahan. Padang rumput ini hampir selalu hijau, meskipun bukit di sekelilingnya sudah mengering. Sehingga menciptakan pemandangan yang kontras dan menciptakan daya tarik tersendiri. Dari titik ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Doro Ncanga yang seakan terlihat seperti “Uluru” dari tanah Sumbawa.

Published by hyangplateau

Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Tambora (Sekarang) Tenaga Kerja Bakti Rimbawan KPHK Dataran Tinggi Yang, BBKSDA Jawa Timur ( Dulu dan nanti balik lagi hahahaha)

Leave a comment